Cara Memanfaatkan Layanan Live Chat untuk Meningkatkan Pendapatan Website Toko Online
Bisnis Online kini sudah menjadi salah satu hal yang biasa. Karena hampir seluruh transaksi bisa dilakukan salam satu genggaman tanpa harus bergerak dan berpindah-pindah ke tempat untuk bisa mendapatkan sebuah barang yang diinginkan. Bahkan jasa pembuatan website profesional pun akan semakin laris manis dicari para perusahaam untuk memasasrkan produknya melalui website toko online.
Dengan mengadaptasi usaha konvensional menjadi bisnis online dengan sebuah website merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan pendapatan / omset penjualan. Dengan adanya website toko online, kita bisa melayani calon pelanggan secara online. Bisa dengan cara membuat email customer service, menambahkan kontak nomor telepon, atau live chat.
Ada berbagai keuntungan yang bisa kita didapatkan apabila memberikan fasilitas customer service tersebut melalui toko online Anda. Salah satunya adalah memudahkan pelanggan dalam menyampaikan pertanyaan terkait produk yang mereka inginkan atau mencari tahu berbagai informasi lain yang mungkin tidak tercantum dalam website Anda.
Dengan adanya layanan semacam ini bukan berarti tidak ada konsekuensi. Jika menggunakan email, tentunya kita akan memerlukan waktu untuk menyaring seluruh email yang masuk ke inbox. Cara ini bisa jadi tidak begitu efektif apabila jumlah orderan Anda cukup banyak. Bisa jadi Anda keteteran dalam mengelolanya. Maka, akan lebih baik apabila menggunakan layanan live chat untuk mengakomodir fasilitas customer service melalui website toko online Anda. Layaknya sebuah media atau alat untuk berkomunikasi dengan pelanggan, setiap pengelola website toko online bisa dengan lebih mudah dalam melayani setiap pertanyaan atau komplain yang masuk melalui live chat.
Jika dibandingkan dengan email, live chat mampu membantu Anda menjawab lebih banyak pertanyaan dari pelanggan dalam satu waktu. Tanpa harus menunggu jawaban melalui tiket dalam waktu yang lama, pelanggan bisa mendapatkan jawaban sembari mengakses website toko online Anda. Hal ini tentu akan berpengaruh pada tingkat bounce rate di Google Analytic. Jika pelanggan mampu mengakses live chat sambil mengakses toko online Anda, tentu mereka akan bertahan lebih lama untuk membuka website. Kecepatan informasi yang didapatkan juga akan membantu mereka untuk lebih inisiatif dalam membuka halaman-halaman lain yang ada di dalam toko online. Bounce rate juga akan semakin menurun dan performa website akan menjadi lebih baik.
Rekomendasi Layanan Live Chat untuk Toko Online
Untuk anda yang belum memiliki layanan live chat dan ingin memanfaatkannya di website toko online, tentnya ada beberapa langkah yang harus dilakukan? Anda bisa menggunakan plugin live chat dari WordPress yang bisa diinstall dengan mudah. Berikut contoh dari plugin live chat WordPress yang bisa Anda manfaatkan.
1. Live Chat by Formilla
Membuat live chat akan terasa lebih mudah apabila memasang Live Chat by Formilla di website berbasis WordPress milik Anda. Plugin ini mempunyai beberapa fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin setelah Anda melakukan instalasi. Penambahan fitur tersebut bisa dilakukan dengan 2 metode ke dalam halaman website yang Anda inginkan. Jika Anda sudah menambahkannya, secara otomatis live chat akan langsung berfungsi dan Anda bisa langsung melakukan monitoring user activity dari control panel yang tersedia dan memulai percakapan dengan para pelanggan. Dengan menggunakan Live Chat by Formilla, Anda juga bisa menjadwalkan waktu online live chat sesuai dengan jam kerja Anda/ admin website.
Dengan kelebihan berupa sejumlah fungsionalitas dan tampilan interface yang mempermudah penggunanya, baik dari sisi Anda sebagai pengelola website maupun para pelanggan, menjadikan Formilla sebagai plugin yang layak dimanfaatkan. Untuk menggunakannya, Anda perlu membuat akun dan mendaftarkan diri dengan versi gratisnya. Apabila Anda ingin memaksimalkan Formilla dengan lebih banyak fitur, gunakan versi premium dengan membayar 11.99 USD setiap bulannya. Anda pun bisa memberikan pelayanan live chat dengan lebih maksimal dengan melakukan konfigurasi chat window yang muncul secara otomatis setelah Anda menjadwalkan waktu online-nya.
2. WhatsApp Chat by Click to Chat
Familiar dengan aplikasi chat seperti WhatsApp? Siapa saja yang tinggal di Indonesia pasti mengetahui aplikasi mobile satu ini. WhatsApp memang salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, jenis usaha apapun yang Anda miliki, menyediakan akses nomor WhatsApp untuk para pelanggan adalah suatu kewajiban. Menyediakan akses WhatsApp sebagai salah satu perangkat live chat untuk para pelanggan bukanlah tanpa alasan. Dengan banyaknya pengguna dari aplikasi ini, tentu Anda akan bisa mengakomodir lebih banyak pelanggan. Sehingga, Anda perlu mengandalkan plugin live chat yang mampu menyediakan WhatsApp di website toko online, seperti plugin Click to Chat.
Dengan mengandalkan plugin live chat berupa Click to Chat pada toko online, Anda akan mampu melayani lebih banyak pelanggan melalui WhatsApp. Icon dari aplikasi ini akan muncul secara otomatis di website toko online Anda. Para pelanggan pun dapat langsung melakukan klik dan terhubung langsung dengan Anda. Jika mengandalkan WhatsApp pada website toko online melalui plugin ini, Anda tidak perlu terus menerus �online� untuk bisa mengakomodir pertanyaan maupun komplain dari para pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa melakukan live chat, bahkan ketika tidak mengakses website.
Dengan Live chat sebagai salah satu metode untuk berkomunikasi dengan pelanggan sudah tentu layak dimanfaatkan sebagai salah satu cara meningkatkan kepuasan pelayanan. Tidak hanya efektif, plugin live chat juga bisa membuat website Anda terlihat lebih profesional dan toko online Anda pun menjadi lebih terpercaya.
Demikian tips yang bisa saya bagikan kali ini tentang Memanfaatkan Layanan Live Chat untuk menigkatkan omset toko online. Semoga dengan artikel yang agak panjang ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih dan selamat mencoba.